oleh

RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN TANGGAPAN PEMERINTAH TERHADAP KEBIJAKAN KERANGKA EKONOMI

-Nasional-220 views

Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2021, yang kemudian dilanjutkan dengan Rapat Kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, Pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas menyampaikan penjelasan terkait (KEM- PPKF) dan RAPBN 2021.

Saat ini Indonesia memiliki agenda reformasi jangka menengah-panjang agar Indonesia dapat masuk ke dalam kelompok high income country. Ada yang tau berapa lama diperlukan untuk masuk dalam kelompok high income country?

Ini semua tergantung seberapa cepat kita bisa keluar dari middle income trap dengan cara menyelesaikan masalah fundamental terkait produktivitas, daya saing, dan kualitas. Transformasi ekonomi Indonesia mengalami penurunan dari industri manufaktur.

Pertumbuhan dan kontribusi industri mengalami penurunan dan digantikan dengan sektor jasa yang low income seperti sector informal. Sementara pekerjaan yang memberikan penghasilan yang lebih baik belum bertumbuh. Karenanya saat ini kemudahan berbisnis di Indonesia (ease-of-doing business) harus ditingkatkan agar tidak kalah dibandingkan negara-negara setara, khususnya dalam hal insitusi, inovasi, dan Information and Communication Technology (ICT). Jika kita tidak segera melakukan reformasi ini dan gagal menciptakan lingkungan ramah investasi yang berdaya saing tinggi, maka produktivitas akan tetap rendah dan masyarakat akan terperangkap pada low income.

Walaupun tahun 2021 diharapkan dapat menjadi momentum transisi menuju normal pasca pandemi COVID-19 19, tetapi pemerintah juga akan tetap memperhatikan tantangan fundamental jangka menengah-panjang yang dihadapi oleh Indonesia sebagai upaya untuk keluar dari Middle Income Trap (MIT). Untuk itu, pemerintah akan melakukan reformasi di berbagai bidang yaitu kesehatan, program perlindungan sosial, pendidikan, dukungan industri, Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), perpajakan, dan penganggaran.

source : https://www.instagram.com/p/CBnl0P-JWEP/?utm_source=ig_web_copy_link

Bagikan :

Komentar

Berita Lain