oleh

LONGSOR KEPUNG JALUR PALEMBAYAN AKIBAT HUJAN DERAS

Sidak Nusantara, Agam – Hujan deras yang terjadi sejak minggu hingga senin menyebabkan delapan titik longsor di ruas jalan provinsi di wilayah Palembayan. Warga yang tinggal di daerah rawan diminta meningkatkan kewaspadaan.

Camat Palembayan Ridwan, Senin (22/6/2020) mengatakan, ada sekitar delapan lokasi longsor, tercatat 1 lokasi yang cukup parah, sehingga penanganannya harus dilakukan dengan menggunakan alat berat.

” Saat ini hujan masih lebat terdampak longsor di 8 titik. Longsor masih terjadi di ruas jalan Palembayan-Matur tersebut, terakhir di Sungai taleh, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, 7 titik lain, relative kecil,” katanya.

Ia menjelaskan, malam tadi tim penanggulangan bencana dari kecamatan dan nagari, langsung menggelar gotong royong. Sementara untuk longsor yang cukup besar menggunakan alat berat seperti Sungai Taleh, Nagari Baringin, Palembayan, dengan volume longsor yang cukup besar, mencapai panjang 50 meter, dengan ketinggian sekitar 80-100 cm.

” Longsor terjadi sekitar pukul 20.00 WIB, yang menutup akses jalan di ruas jalan propinsi tersebut. Untuk akses jalan yang terkena longsor cukup besar harus menggunakan alat berat,” jelasnya.

Dikatakan, Kecamatan Palembayan memang sangat rentan dengan banjir dan longsor karena tipikal daerah yang berbukit. Ia juga menghimbau masyarakat maupun pengguna kendaraan untuk meningkatkan kewaspadaan terlebih kala hujan deras.
(Andika)

Bagikan :

Komentar

Berita Lain