oleh

WAKIL KETUA BANGGAR DPR RI DAN JUGA ANGGOTA KOMISI VI DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono MENGAPRESI KERJA TULUS PARA DOKTER DAN TENAGA MEDIS

-Nasional-187 views

Sidak Nusantara – Wakil Ketua Banggar DPR RI dan juga Anggota Komisi VI DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono mengapresiasi kerja tulus para dokter dan tenaga medis di berbagai daerah di Tanah Air. Hal tersebut disampaikan saat audiensi Ikatan Dokter Indonesia dengan Fraksi Partai Demokrat, di ruang rapat FPD Gedung Nusantara Lt 9, Senayan, Jakarta, Jumat, (10/07/2020)

‘’Alhamdulillah, sedikit walaupun tidak sebesar pertolongan yang memang dibutuhkan Tanah Air. Kami menggalang support dari internal kader, anggota FPD dan dari jejaring lainnya yang kemudian kita menyerahkan bantuan-bantuan secara langsung dan secara nasional,’’ kata Ibas.

Audiensi yang dihadiri Ketua Umum IDI Dr. Daeng M Faqih,SH,MH dan kolega, juga para pimpinan dan anggota FPD ini antara lain membahas tantangan dan hambatan yang dihadapi dokter dalam penanganan Covid-19.

Dalam pertemuan ini IDI antara lain mengungkapkan bahwa kasus positif per 8 Juli bertambah 1.853 kasus baru yang merupakan angka tertinggi dengan total akumulatif mencapai 68.079 orang. Ada beberapa faktor yang mendorong kenaikan jumlah positif covid-19 yang terkonfirmasi yaitu pemeriksaan orang yang datang ke rumah sakit dan orang yang terlacak dalam pelacakan dari kasus positif meningkat, ada peningkatan di lokasi tertentu, kemampuan laboratorium untuk memeriksa jumlah sampel meningkat.

Proses diagnostik pada kasus covid-19 juga dinilai lamban. Hal ini menjadi kelemahan penanganan Covid-19 di Indonesia. ‘’Kemampuan laboratorium masih sangat terbatas, sehingga antrean sampel yang sangat banyak membutuhkan waktu kisaran 1-2 minggu hingga sampel atau diagnosanya bisa diketahui. Persoalan ini mesti segera ada solusinya dalam menghadapi kondisi yang penuh keterbatasan,’’ kata Daeng M Faqih, Ketua Umum IDI.

IDI juga menyampaikan, ketika pemerintah mulai melonggarkan pembatasan di berbagai wilayah, jumlah tenaga medis yang meninggal juga meningkat. IDI mencatat, 48 dokter tutup usia di tengah wabah hingga 8 Juli 2020.

@dpr_ri

Bagikan :

Komentar

Berita Lain