oleh

KEMENTERIAN LHK MENGUDARA DI RADIO REPUBLIK INDONESIA UNTUK MEMBAHAS MITIGASI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

Sidak Nusantara – Kementerian LHK mengudara di Radio Republik Indonesia @rriprograma3 untuk membahas Mitigasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Musim Kemarau pada Senin (27/7). Narasumber dari KLHK yaitu Nunu Anugrah, Kepala Biro Hubungan Masyarakat.

Salah satu aspek dari aksi korektif pada pencegahan karhutla yaitu pengelolaan landscape. Langkah ini dilakukan dengan melibatkan praktisi pada konsesi dunia usaha untuk mencegah karhutla, pengendalian dan pengelolaan gambut, serta edukasi masyarakat petani tradisional yang masih menggunakan metode bakar lahan serta pengembangan alternatifnya seperti sistem bush-cutter atau traktor mini dan composting untuk membuat pupuk organik atau cuka kayu.

Aspek pencegahan pada pengendalian karhutla dioptimalisasikan dengan patroli terpadu beranggotakan Manggala Agni, TNI, Polri, dan Masyarakat Peduli Api/MPA, penyempurnaan format kerja Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), pengembangan sistem kesadaran hukum masyarakat melalui pola MPA-Paralegal dengan rekrutmen tokoh desa bersama Babinkamtibmas, Babinsa, Manggala Agni dan BPBD, dan pengembangan alternatif dan dukungan bagi masyarakat dalam pola pembukaan lahan tanpa bakar.

“Menjaga NKRI adalah tanggung jawab kita bersama. Saya mengimbau untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan serta menjaga lingkungan hidup bagi generasi kini dan masa depan,” pungkas Nunu Anugrah.

Sobat Hijau, yuk kita dukung dan bantu upaya-upaya pemerintah dalam pengendalian karhutla, kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi.

@kementerianlhk

Bagikan :

Komentar

Berita Lain