oleh

STABO PASUKAN TAIFIB DAN KOPASKA MENJADI PUNCAK LATIHAN OPERASI DUKUNGAN PASUKAN KHUSUS GABUNGAN TNI AL TA 2020

Sidak Nusantara – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimlat) yang diwakili oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono S.E.,M.M. meninjau puncak Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus Gabungan (Latopsduk Passusgab) yang di gelar oleh TNI AL di Pantai Tengket, Bangkalan Madura, Jumat (14/08/2020)
Latihan Pasusgab TNI AL yang diselenggarakan di Pantai Tengket Bangkalan Madura ini merupakan latihan gabungan pasukan khusus Angkatan Laut dari Marinir dan Kopaska yang melibatkan unsur laut yaitu 1 Kapal Selam KRI Nanggala 402, dan 1 Kapal permukaan KRI Sidat 851, dan unsur udara 1 Unit Pesawat Jenis Cassa CN 212 yang digunakan untuk penyusupan dan 1 Unit Hally Bell HU 412 yang digunakan untuk Stabo.

Masih dalam kesempatan yang sama Asops Kasal menjelaskan; teknik yang digunakan dalam latihan ini antara lain, terjun tempur yang dilakukan malam hari guna mengutamakan faktor kerahasiaan, Rubber Duck Operation (RDO) diawali dengan menerjunkan perahu karet dari pesawat selanjutnya para penerjun dengan teknik free fall menyusul mendarat dilaut dengan material perahu karet langsung menuju pantai yang dikuasai musuh megutamakan faktor kecepatan.

Kemudian dilaksanakan Infiltrasi (penyusupan) dari kapal selam menuju pantai untuk penghancuran instalasi/obyek vital yang dikuasai musuh. Setelah semua sasaran dapat direbut dan dikuasai maka dalam rangka exfiltrasi/pengunduran para Pasukan Khusus TNI AL tersebut menggunakan teknik Stabo. STABO (Suspention Tactical Airbourne Operations) yaitu suatu tehnik pemindahan pasukan lewat udara dengan menggunakan tali yang digantungkan pada helikopter dengan tujuan untuk melaksanakan eksfiltrasi dari suatu tempat dengan cepat.

@puspentni

Bagikan :

Komentar

Berita Lain