oleh

HUBUNGAN MILITER INDONESIA DENGAN MILITER KOREA SELATAN YANG CUKUP ERAT

Sidak Nusantara – Hubungan militer Indonesia dengan militer Korea Selatan yang cukup erat selain ditandai dengan kerjasama pengadaan alutsista dari industri pertahanan Korea Selatan untuk memenuhi kebutuhan alutsista TNI, kedua negara juga setiap tahunnya saling mengirimkan perwakilan perwiranya untuk menempuh pendidikan militer baik di tingkat Lemhanas maupun Sesko Angkatan.

Saat ini, di KDLI (Korea Defense Language Institute) terdapat lima perwira militer Korea Selatan yang belajar bahasa Indonesia, dan lima perwira militer Indonesia yang belajar bahasa Korea. Kelima perwira militer Korea Selatan yang sedang belajar bahasa Indonesia tersebut adalah dalam rangka menghadapi kemajuan ASEAN khususnya Indonesia yang memiliki potensi yang tiada habisnya. Sedangkan kelima perwira militer Indonesia yang sedang belajar bahasa Korea adalah dalam rangka pembekalan sebelum melaksanakan pendidikan di National Defense University/NDU setingkat Lemhanas, dan Joint Forces Military University/JFMU setingkat Sesko Angkatan.

Pada Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Korea Selatan yang hampir bersamaan tanggalnya ini, para perwira dari kedua negara berkumpul dan berkesempatan untuk saling mengucapkan selamat atas kemerdekaan bangsa Indonesia dan Korea Selatan, serta berdoa bersama sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan para pahlawan kemerdekaan. Selanjutnya mereka juga melaksanakan sesi free speaking dengan materi tentang sejarah Korea Selatan dan Indonesia, yang tentunya dilaksanakan dengan menggunakan bahasa yang dipelajari masing-masing sehingga semakin menambah makna pertemuan singkat tersebut.

Di antara perwira siswa tersebut militer Indonesia, Kolonel Marinir Sungatijantoro dan Mayor Kav Ronald Tampubolon yang sudah pernah mengenyam pendidikan Sesko dan Selapa di Korea Selatan sebelumnya, merasakan sesuatu yang istimewa, yaitu dapat merayakan hari kemerdekaan Indonesia dan Korea Selatan untuk yang ketiga kalinya di Semenanjung Korea. Hati para perwira tersebut sangat bangga dan terharu karena masih dapat merasakan kemerdekaan serta memiliki waktu untuk berkumpul bersama dengan militer Korea Selatan, yang menjadi rekan untuk maju bersama serta merenungkan makna kemerdekaan.

@puspentni

Bagikan :

Komentar

Berita Lain