oleh

KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA MENJALIN SINERGITAS DENGAN BADAN PERLINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA(BP2MI)

-Nasional-123 views

Sidak Nusantara – Demi mendukung Pekerja Migran Indonesia (PMI), Kementerian Badan Usaha Milik Negara menjalin sinergitas dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk turut serta memberikan perlindungan bagi PMI. Wujud sinergitas tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian BUMN dan BP2MI tentang Koordinasi Tugas dan Fungsi Lingkup Kementerian BUMN dan BP2MI yang ditandatangani oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dan Kepala BP2MI, Benny Ramdhani Selasa, 18 Agustus 2020, di Kantor BP2MI, Jakarta.

Dalam kerja sama tersebut, Kementerian BUMN berkomitmen untuk memfasilitasi pendidikan dan pelatihan kerja bagi calon PMI, keberangkatan dan kepulangan PMI, remitansi bagi PMI, dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro, pelatihan kewirausahaan, dan promosi produk purna PMI. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan, MoU yang ditandatangani hari ini adalah bukti keberpihakan dan kolaborasi instansi pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup para PMI.

“Keberadaan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) itu sangat penting. Selain menjadi diaspora kita di luar negeri, mereka juga berkontribusi dalam menambah devisa negara sehingga pemerintah harus hadir untuk melindungi dan memberikan bantuan agar para pekerja migran dapat hidup dan bekerja dengan tenang di negara lain,” ujar Erick.

Selain penandatanganan MoU dengan Kementerian BUMN, juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BP2MI dengan tiga BUMN. Kerja sama yang dilakukan tersebut dilakukan dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk Penyediaan Layanan Perbankan, Sosialisasi Bersama, dan Pemberdayaan PMI dan Keluarganya. Dengan PT Pegadaian (Persero) dan BP2MI tentang Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia, dan dengan PT Pos Indonesia (Persero) tentang Pemanfaatan Layanan PT Pos Indonesia (Persero) bagi PMI dan Keluarganya.

@kementerianbumn

Bagikan :

Komentar

Berita Lain