oleh

UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI TAMAN NASIONAL KELIMUTU

Sidak Nusantara – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Nasional Kelimutu, hari ini, bersama masyarakat sekitar.

Bendera merah putih yang dikibarkan kali ini merupakan bendera pemberian Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo kepada Blasius Letaoja pada tahun 2015 yang merupakan hadiah sebagai petani teladan dalam mengembangkan Desa Wisata Waturaka.

Rangkaian acara diawali sejak penyerahan bendera merah putih dari Bapak Blasius Letaoja kepada Kepala Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu pada tanggal 14 Agustus 2020 saat upacara adat Patika Du’a Bapu Ata Mata di TN Kelimutu.

Selanjutnya, pada tanggal 16 Agustus 2020 di Monumen Pancasila Simpang Lima Ende, Kepala Balai TN Kelimutu menyerahkan bendera merah putih tersebut yang akan membawa bendera tersebut secara estafet dari penyerahan kepada komunitas sepeda Gowes Ende, selanjutnya bendera merah putih diarak 30 pesepeda ke Km 6 untuk diserahkan ke Perkumpulan Komunitas BMX, yang melanjutkan mengarak bendera sejauh 17 km menuju KM 23 tepatnya di Desa Roa untuk diserahkan ke Komunitas Motor Trail KaTe Club yang kemudian menyerahkan bendera merah putih ke Kelompok Pecinta Alam Himapas Du’a Ngara Kelimutu untuk dibawa dengan berjalan jalur trekking sepanjang 8 km di kawasan Ratebeke didampingi oleh tim dari TN Kelimutu dan tiba pada tanggal 17 Agustus pagi di Puncak Kelimutu.

Sebelum upacara, bendera diserahkan kembali oleh Ketua Himapas Kelimutu (Silvester Tuku) kepada Kepala Balai TN Kelimutu, dan selanjutnya dikibarkan dalam upacara pengibaran bendera di Tugu Puncak Kelimutu. Peserta upacara terdiri dari personil TN Kelimutu, Himapas Du’a Ngara Kelimutu, Klub sepeda Gowes Ende, Klub BMX dan Komunitas Trail serta masyarakat/pengunjung. Bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala Balai TN Kelimutu, Agus Sitepu.

Selain itu upacara bendera juga dilaksanakan di Kantor Balai TN Kelimutu secara virtual. Seluruh rangkaian acara sukses dan upacara berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

@kementerianlhk

Bagikan :

Komentar

Berita Lain