oleh

UNTUK MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM 1442 H, NAGARI MANGGOPOH GELAR KEGIATAN KEAGAMAAN

Sidak Nusantara, Agam – Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gelar kegiatan keagamaan dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1442 hijriah atau 1 Muharram,

Tahun baru hijriah merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW, dari Kota Makkah ke Madinah pada 1 Muharam.

1 Muharram tahun baru Islam 1442 hijriyah jatuh pada hari ini Kamis 20 Agustus 2020, yang masih dalam suasana hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 meski kondisinya masih pandemi Covid-19 seiring pemberlakuan new normal.

Untuk memperingati hari bersejarah ini,kami Pemerintah Nagari Manggopoh bakal menggelar dua agenda keagamaan yaitu pawai ta’aruf dan tablig akbar.

Hasil konfirsmasi wartawan Kamis 20/08.dengan Wali Nagari Manggopoh, Ridwan menjawab pawai ta’aruf diikuti majelis taklim yang akan menampilkan rebana sembari bershalawat dari Kantor Nagari Manggopoh sampai Masjid Pahlawan Siti Manggopoh.

“Pawai mulai pukul 08.00 WIB. Sesampai di masjid kita langsung menggelar tabligh akbar,” ujarnya.

Menyambut tahun baru Islam, katanya, digelar dalam rangka muhasabah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai Islam bagi masyarakat terutama generasi muda.

Menurutnya, peringatan tahun baru Islam dapat menjadi renungan untuk meramaikan masjid, gemar mengaji dan menghindari perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

“Kita harus hijrah dari hal-hal yang merugikan dan mendorong kemajuan untuk kesejahteraan masyarakat sesuai sasaran Program Nagari Madani,” sebutnya.

Dijelaskan, meski kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, tetapi kegiatan yang sifatnya memperingati dan memeriahkan perlu dilaksanakan, dengan catatan tidak keluar dari ranah protokol kesehatan.

Terutama memperingati 1 Muharram yang masih dalam suasana hari kemerdekaan RI, dengan harapannya lebih menumbuh dan mengembangkan semangat masyarakat ke depannya.

“Melalui kegiatan ini nanti akan diambil kesempatan untuk mensosialisasikan kewaspadaan Covid-19 serta pertumbuhan ekonomi, disamping memperkuat ukhuwah islamiah masyarakat,” pungkasnya.

Ridwan sangat berharap, pandemi Covid-19 ini supaya secepatnya berlalu bya, sehingga kehidupan masyarakat kembali normal seperti semula.

(Dika)

Bagikan :

Komentar

Berita Lain