oleh

TAHUKAH SATWA INI?

-Nasional-104 views

Sidak Nusantara – Kawasan Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan yang luas dan kaya akan keanekaragaman flora dan faunanya. Keanekaragaman tersebut tercemin dari bentuk, ciri fisik dan habitat tempat tinggal flora dan fauna. Salah satunya adalah jenis satwa kuskus tutul hitam. Satwa ini ditemukan mendiami hutan-hutan primer dan sekunder di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter dpl.

Spilocuscus rufoniger atau kuskus tutul hitam adalah salah satu marsupial asal Papua yang langka. Kuskus tutul hitam termasuk salah satu dari hewan paling langka di Indonesia yang oleh IUCN Redlist diberi status Critically Endangered (terancam punah).

Berat badannya mencapai 6-7 kg dengan panjang tubuh (kepala dan badan) mencapai 60-70 cm. Binatang berkantung ini ditandai dengan corak tutul-tutul hitam di bagian punggung yang menjadi ciri khasnya. Sedangkan bulunya yang lain berwarna coklat kemerahan dan sedikit bagian putih di sekitar leher.

Moncong kuskus tutul hitam (Spilocuscus rufoniger) pendek dan runcing dengan kepala yang bulat. Daun telinganya sangat kecil bahkan hampir tidak terlihat sedangkan sepasang mata kuskus tutul hitam sangat besar. Sebagaimana hewan marsupial lainnya, kuskus ini memiliki kantung di perutnya.

@kementerianlhk

Bagikan :

Komentar

Berita Lain