oleh

INDONESIA MENDAPATKAN KEPERCAYAAN DARI GREEN CLIMATE FUND (GCF) DALAM BENTUK DUKUNGAN

-Nasional-134 views

Sidak Nusantara – Indonesia mendapatkan kepercayaan dari @greenclimatefund (GCF) dalam bentuk dukungan pendanaan sebesar USD 103.8 Juta untuk program REDD+ (Pengurangan emisi dari kegiatan Deforestasi dan Degradasi Hutan) dalam bentuk Skema Result-Based Payment (RBP).

Hal ini merupakan wujud peningkatan kepercayaan di dalam negeri dan komunitas internasional serta bukti komitmen dan kinerja Indonesia dalam Pengendalian Perubahan Iklim.

Proposal Indonesia bertajuk “REDD+ Results-Based Payment (RBP) untuk Periode 2014-2016”, akan menerima dana dari GCF sebesar USD 103,8 juta yang akan dikelola oleh BLU – Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

Sidang Dewan GCF ke-26 pada tanggal 18-21 Agustus 2020 menyetujui proposal pendanaan REDD+ Indonesia sebagai penerima pendanaan terbesar. Indonesia merupakan negara kelima yang berhasil mengakses program percontohan senilai USD 500 juta ini.

Proposal yang diajukan oleh KLHK ini menyajikan hasil kinerja REDD+ Indonesia untuk periode 2014-2016, dengan volume pengurangan emisi sekitar 20,3 juta ton karbon dioksida ekuivalen (tCO2eq).

Indonesia akan menggunakan dana untuk penguatan koordinasi, implementasi, dan arsitektur REDD+ secara keseluruhan, dukungan tata kelola hutan lestari yang terdesentralisasi melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Hutan Desa, serta pengelolaan proyek.

@kementerianlhk

Bagikan :

Komentar

Berita Lain