oleh

PELATIHAN BELA NEGARA UNTUK MEMUPUK PERSATUAN DAN KESATUAN DI TINGKAT SMA OLEH PAMTAS RI-PNG YONIF MEKANIS 516/CY

-Nasional-105 views

Sidak Nusantara – Boven Digoel, Papua. – kondisi generasi muda yg mudah terpengaruh oleh perkembangan zaman, memerlukan perhatian khusus di dunia pendidikan sebagai landasan untuk membentuk karakter generasi bangsa yang tangguh Dan berwawasan kebangsaan Luas serta mampu menanamkan nilai luhur budaya daerah setempat sebagai pedoman berperilaku, hal ini ditekankan oleh Brigjen TNI Bangun Nawoko selaku Dankolakops Rem 174/ATW dalam sambutanya untuk senantiasa menjaga kearifan lokal dan membentengi diri dengan pengetahuan wawasan kebangsaan itu sangat penting sebagai penangkal pengaruh budaya luar.

Menindaklanjuti pernyataan Dankolakops tersebut, Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P. memerintahkan Pasiter Kapten Inf Gunoto untuk mengadakan pelatihan Bela Negara di kampung binaan tiap-tiap pos jajaran Satgas Yonif Mekanis 516/CY.

” Menjaga kearifan local sudah selayaknya kewajiban kita semua yang tinggal di tempat ini, hal ini merupakan nilai Dan norma yang Ada pada masyarakat setempat yang seyogyanya kita patuhi dan laksanakan untuk menjalin keselarasan hidup bermasyarakat, selain itu kegiatan bela negara itu juga penting ditanamkan sejak dini dan generasi muda harus tahu khususnya pelajar yang berda di perbatasan, karena wilayah perbatasan sangatlah rawan akan pengaruh dari luar untuk itu menanamkan jiwa patriotisme melalui kegiatan bela negara diharapkan mampu mendorong semangat persatuan dan kesatuan yang nantinya dapat terwujudnya rasa saling memiliki akan tanah air Indonesia, Ungkap Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P. Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY.

” Jangan sampai generasi kita rusak oleh budaya luar, seperti terjebak dalam pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba dan pengaruh minuman keras,” lanjut Dansatgas.

Sebanyak 100 siswa siswi SMA di daerah perbatasan Indonesia – PNG, tepatnya di SMA Negri Asikie Kampung Prabu Distrik Jair Kab. Boven Digoel mendapat pelajaran ilmu bela negara, PBB dan game kekompakan dari Serda Amar Rosyadi beserta 5 orang anggota pos Kotis Satgas Yonif Mekanis 516/CY.

@puspentni

Bagikan :

Komentar

Berita Lain