oleh

DELEGASI DPR RI AKAN BERPATISIPASI PADA SIDANG UMUM (SIUM) KE-41 ASEAN INTER-PARLIAMENTARY ASSEMBLY (AIPA)

-Nasional-126 views

Sidak Nusantara – Delegasi DPR RI akan berpartisipasi pada Sidang Umum (SIUM) ke-41 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) pada Selasa-Kamis, 8-10 September 2020. SIUM untuk pertama kalinya dihelat secara virtual dengan Vietnam sebagai host yang saat ini menjabat sebagai Presiden AIPA.

Delegasi DPR RI berjumlah total 15 Anggota dan dipimpin Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani.

SIUM AIPA ke-41 ini akan diikuti 10 parlemen dari kawasan ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Republik Demokratik Rakyat Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam) dan beberapa pengamat. Delegasi secara daring akan mengikuti rangkaian SIUM ke-41 AIPA yang akan membahas pelbagai hal terkait isu politik, ekonomi, sosial, perempuan, parlemen muda, dan keorganisasian.

SIUM juga akan mengadopsi sejumlah resolusi dan satu Joint Communiqué. Secara umum, pada sidang yang bertajuk Parliamentary Diplomacy for a Cohesive and Responsive ASEAN Community itu Delegasi DPR akan menyampaikan sejumlah pandangan, diantaranya mendorong AIPA untuk mendesak Pemerintah ASEAN merumuskan kebijakan yang tepat dan memadai, sebagai respon pandemi Covid-19 terutama di sektor ekonomi.

Dalam kaitan tersebut, parlemen-parlemen ASEAN diminta mengoptimalkan wewenang konstitusionalnya (legislasi, anggaran, dan pengawasan) untuk mengurangi dampak ekonomi lantaran Covid-19. Selain itu, menekankan pentingnya perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan ASEAN. Konflik yang terjadi di ASEAN hendaknya diselesaikan melalui mekanisme dialog dan saling menahan diri untuk tidak menempuh aksi militer.

@dpr.ri

Bagikan :

Komentar

Berita Lain