oleh

KETUA MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) MENJADI INSPEKTUR UPACARA

Sidak Nusantara – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjadi inspektur upacara, memimpin serah terima jenazah tokoh pers nasional Jakob Oetama. Lahir di Magelang, Borobudur pada 27 September 1931, tokoh jurnalistik sekaligus pendiri Kompas ini wafat pada usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading pada Rabu (9/9).

Menurut Bamsoet, kecintaan Jakob Oetama terhadap Indonesia tak perlu diragukan. Hal itu bisa dilihat dari rekam jejaknya sebagai jurnalis, budayawan, sekaligus pejuang demokrasi hingga akhirnya mengantarkan dirinya meraih penghargaan Bintang Mahaputera dari pemerintah Indonesia pada tahun 1973.

“Terlalu banyak testimoni yang bisa diberikan tentang kehebatan Pak Jakob Oetama di bidang jurnalis, budayawan, dan demokrasi. Namun tak banyak yang mengulas sosoknya sebagai manusia yang rendah hati, peduli terhadap sesama, dan yang terpenting caranya memperlakukan para wartawan dan karyawannya dengan sangat baik. Tak heran jika di bawah kepemimpinannya, Kompas tak sekadar menjadi koran biasa. Melainkan berkembang biak menjadi imperium Kompas Gramedia Group yang memiliki gedung setinggi 223 meter dengan 53 lantai, terletak di jantung Ibu Kota Jakarta,” ujar Bamsoet, usai melepas jenazah Jakob Oetama di Jakarta, Kamis (10/9).

Penyerahan jenazah Jakob Oetama dilakukan oleh putra sulungnya Irwan Oetama kepada Bamsoet selaku Ketua MPR RI mewakili negara di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta Barat. Selanjutnya, jenazah akan dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

@bambang.soesatyo

Bagikan :

Komentar

Berita Lain