oleh

MERDEKA BELAJAR : KAMPUS MERDEKA DIHARAPKAN DAPAT MENGHASILKAN LULUSAN YANG BERPIKIR OUT OF THE BOX (berpikir dengan perspektif baru)

-Nasional-101 views

Sidak Nusantara – Dikeluarkannya kebijakan ‘Merdeka Belajar: Kampus Merdeka’ diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berpikir out of the box (berpikir dengan perspektif baru) dan memiliki keterampilan ganda. Ketika mahasiswa dibebaskan memilih mata kuliah di luar program studi utama yang diminatnya, diharapkan menjadi lebih kreatif dan bertanggungjawab terhadap pilihannya.

Penjelasan ini saya sampaikan di hadapan para civitas academica Universitas Mataram (UNRAM) dalam rangka Dies Natalis ke-58, melalui konferensi video.

Untuk melaksanakan kebijakan ini, tenaga pengajar harus lebih siap. Pilihan program studi yang relevan dengan perkembangan dan sesuai kebutuhan industri serta masyarakat juga harus dikembangkan. Pemanfaatan teknologi juga harus diadopsi dengan skala dan takaran yang pas, serta proses belajar mengajar harus dibuat lebih dinamis.

Untuk mengimbangi kemampuan mahasiswa, mereka hendaknya tetap diberikan pendidikan karakter yang baik dan menanamkan moralitas, toleransi, kepekaan sosial, serta nasionalisme. Hal-hal tersebut penting untuk selalu ditanamkan agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi intelektual yang tidak saja memahami ilmu pengetahuan, tetapi juga menjunjung tinggi moralitas dan menghargai kehidupan sosial.

Saya selalu mengatakan bahwa dunia tidak akan menjadi lebih baik hanya karena banyaknya orang cerdas. Tetapi dunia akan lebih baik karena moralitas dan kohesi sosial yang baik.

@kyai_marufamin

Bagikan :

Komentar

Berita Lain