oleh

TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT

-Nasional-131 views

Sidak Nusantara – Dengan puncaknya yang mencapai ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci merupakan puncak tertinggi di Sumatera dan dimasukkan ke dalam deretan the Seven Summit of Indonesia.

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat, ia juga dikenal sebagai gunung berapi dengan keaktifan tertinggi di Indonesia. Mendaki gunung Kerinci merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjungi Taman Nasional Kerinci Seblat.

Dari pucuk ketinggian itu, wisatawan dapat menikmati keasrian alam Taman Nasional Kerinci Seblat yang seolah dikelilingi oleh pucuk-pucuk gunung.

Daya tarik lainnya dari Taman Nasional ini adalah keberadaan Danau Gunung Tujuh yang terletak di ketinggian 1.950 meter dari permukaan laut (mdpl). Sesuai namanya, danau berpasir putih ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Mandurai Besi, Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh.

Oleh masyarakat lokal, danau seluas kurang lebih 1.000 hektare ini juga kerap dijuluki sebagai Danau Dewa atau Danau Sakti. Menurut legenda, danau tersebut dihuni atau dijaga oleh mahluk berbadan kerdil bernama Lbei Sakti dan Salah Sri Menanti. Konon, dua mahluk itu akan menghukum orang yang mengambil sesuatu atau merusak lingkungan danau. Boleh percaya boleh tidak, tapi mungkin itulah yang menyebabkan keasrian Danau Gunung Tujuh tetap terpelihara.

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau vulkanik tertinggi di Sumatera, yang terbentuk dari meletusnya Gunung Tujuh. Sisa letusan gunung itu kemudian membentuk sebuah kawah yang kemudian terisi oleh air dan kemudian menjadi ‘mesin pendingin’ Gunung Kerinci.

Gimana Sobat Hijau, seru ya. Kenali dan cintai alammu dengan cara yang baik dan benar ya. Salam Lsstari.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain