oleh

TAHAP I SELESAI DIBANGUN, SPAM REGIONAL PETANGLONG TINGKATKAN AKSES AIR MINUM BAGI 32.000 SAMBUNGAN RUMAH DI SEKITAR PEKALONGAN

Sidak Nusantara – Pembangunan SPAM Regional Petanglong yang berkapasitas 850 liter/detik di Desa Krompeng, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan akses air minum aman bagi 32.000 Sambungan Rumah (SR) yang tersebar di Kabupaten Pekalongan 16.000 SR, Kabupaten Batang 4.000 SR, dan Kota Pekalongan 12.000 SR.

Pembangunan Tahap I SPAM Regional Petanglong telah selesai dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui @bppw.jateng.pupr @ditjenciptakarya bersama @bbwspena @ditjensda pada tahun 2016-2018.

Sumber air baku SPAM Petanglong memanfaatkan Bendung Jambangan sebesar 400 liter/detik dan Bendung Kaliboyo sebanyak 450 liter/detik. Selanjutnya mulai dikerjakan pembangunan Intake Jambangan, bak pelepas tekan Batursari 500 m3, dan jaringan pipa transmisi dengan anggaran sebesar Rp 48 miliar.

Pembangunan SPAM Regional Petanglong telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah @ganjar_pranowo beberapa waktu lalu bersamaan dengan peresmian SPAM Keburejo (Kebumen-Purworejo). Dengan rampungnya offtake SPAM Petanglong, diharapkan dapat melayani kebutuhan air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat terkait penggunaan air bersih.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain