oleh

SETELAH RONDA, GILIRAN SATGAS PUTER BERHALA DAPAT BANTUAN TARUNA AAL SATLAT KJK 2020

Sidak Nusantara – Setelah pekan lalu Satgas Pulau Tetluar (Puter) Pulau Rondo, kini giliran Satgas Puter Pulau Berhala disambangi dan mendapat bantuan sembako dari Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) dan Satgas KRI Bima Suci 2020 pada Kamis (29/10).

Menurut Palaklat KJK 2020, Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han. mengatakan, Lattek KJK Taruna AAL TK III Angkatan Ke-67 pada rute Belawan-Tanjung Uban ini, sengaja menyinggah pulau terluar Indonesia yang dilewati.

Hal ini sebagai pembelajaran dan pengetahuan bagi Taruna, dimana batas wilayah NKRI, sekaligus memberikan bantuan Alat Kesehatan dan Sembako kepada Satgas Puter yang berdinas menjaga wilayah terdepan NKRl ini.

Pulau BerhaIa lanjut Aris, merupakan salah satu pulau terluar dari 12 pulau yang perlu mendapat penanganan khusus karena letaknya sangat berdekatan dengan negara tetangga Malaysia. Pulau Ini terletak di selat Malaka tepatnya di kecamatan Tanjung Baringin kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

Pulau Berhala secara geografi berada pada posisi 03°46’10, – LU 99°29′ 40″BT. Pulau ini merupakan lokasi titik dasar atau base point (TD) dan titik referensi (TR) No 184 terdapat sarana bantu navigasi berupa mercu suar.

Menurutnya, selain keindahan pantai, Pulau ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi karena didalamnya terdapat dua tipe hutan yang berbeda, yaitu hutan tropis basah dan hutan Iahan kering, kekayaan hayati ini juga sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata alam hutan tropis.

Dengan keanekaragaman hayati berbagai jenis flora dan fauna menambah panorama alam yang akan mampu mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke pulau ini.

Guna mencegah terjadinya klaim oleh negara lain tambahnya, karena posisi pulau terluar dan strategis serta tidak berpenduduk maka TNI menempatkan 1 SST Satgas Puter Pulau Berhala di bawah Pimpinan Komandan Peleton Lettu Marinir Chalvin Sahusilawane yang memimpin 1 SST 24 personel Marinir dan 10 personel TNI AD.

 

Bagikan :

Komentar

Berita Lain