oleh

PEMBEKALAN DANGUSKAMLA KOARMADA I KEPADA PESERTA LATIHAN PENEGAKAN HUKUM DILAUT TNI AL TA. 2020

Sidak Nusantara – Tanjung Pinang. 02/11/20. Komandan Guskamla Koarmada I , Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.M., dan didampingi oleh Asintel Danguskamla Koarmada I, Asops Danguskamla Koarmada I disela sela kegiatan pembekalan kepada Satgas KJK 2020 memberikan pembekalan kepada peserta Latihan Penegakkan Hukum di Laut TNI AL TA.2020 melalui video Conference (vicon)

Kegiatan pembekalan tersebut diikuti oleh : Diskum Koarmada I, Diskum Kolinlamil, Bagkum Pushidrosal, Itjenal, Kolat Koarmada I, Diskum Lantamal I sd. XIV, Lanal BPP, BDG, BJM, BTN, BTP, CLP, CRB, DPS, GRT, LPG, PLG, PLU, SML, SME, TGL, Satkat Koarmada I, Satrol Lantamal VIII dan Sops Koarmada I.

Materi yang disampaikan sangat implementatif dalam upaya penegakkan hukum di wilayah yurisdiksi nasional pada berbagai rezim hukum di perairan teritorial, zona tambahan maupun di ZEEI. Hak dan kewajiban kapal asing maupun militer yang sedang melaksanakan lintas laut memanfaatkan Bak Lintas Damai, Hak Lintas ALKI dan Hak Lintas Transit yang harus difahami oleh setiap Penegak Hukum di laut khususnya KRI/KAL, proses penyidikan mulai dari penghentian dan pemeriksaan, pemyusunan BAP oleh KRI maupun Pangkalan harus didasarkan fakta fakta yang ditemukan saat pemeriksaan oleh KRI harus sinkron dengan penentuan pasal pasal dalam peraturan perundang undangan baik nasional / internasional. Sebagaimana yang sering disampaikan Pangkoarmada I, Laksda TNI A Rasyid K agar dalam penegakkan hukum di laut dilaksanakan secara profesional dan beraih dari KKN. Demikian juga instruksi Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. agar dalam proses pemeriksaan dilapangan menghindari tindakan kekerasan / arogansi yang melanggar HAM serta tidak melakukan tindakan yang dapat merusak citra TNI Angkatan Laut.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain