oleh

KH.Ma’ruf Amin BERSAMA PRESIDEN Joko Widodo MEMPIMPIN RAPAT TERBATAS

-Nasional-100 views

Sidak Nusantara – Alhamdulillah, hari ini bersama Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Perhutanan Sosial secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

Presiden mengingatkan bahwa perhutanan sosial bukan hanya sebatas pemberian izin atau mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kepada masyarakat. Terpenting, pendampingan untuk program-program lanjutan sehingga masyarakat di sekitar hutan memiliki kemampuan dalam mengelola SK yang telah diberikan. Pendampingan tersebut harus terintegrasi. Dimulai setelah SK diberikan, penyiapan sarana dan prasarana produksi, hingga pelatihan-pelatihan. Bila ini bisa dilakukan dengan baik, Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) akan berkembang dengan pesat.

Perhutanan sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya.

Program perhutanan sosial bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar ini sudah dilaksanakan pemerintah selama enam tahun. Dari target 12,7 juta hektare hingga September 2020 sebanyak 4,2 juta hektare telah diserahkan kepada masyarakat untuk dikelola.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain