oleh

TERUSKAN PERJUANGAN PARA PAHLAWAN

Sidak Nusantara – Dispen Kormar (Tegal Jawa Tengah). Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., didampingi Ketua PG. Jalasenastri Korps Marinir Ny.Etta Suhartono dan para Pejabat Utama Mako Kormar serta Pengurus PG. Jalasenastri Korps Marinir melaksanakan Ziarah Rombongan ke beberapa titik Taman Makan Pahlawan (TMP) yang berada sekitaran di Jawa Tengah. Senin,(09/11/2020).

Kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati HUT ke-75 Korps Marinir yang jatuh pada tanggal 15 Nopember Tahun 2020, yang salah satunya berziarah ke makam para prajurit-prajurit KKO AL (Marinir) yang gugur dalam pertempuran Agresi Militer II Belanda di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya dalam rangka memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta perjuangan cikal bakal terbentuknya Korps Marinir di Tegal.

Pertempuran demi pertempuranpun meletus dengan sengitnya dan berlangsung dari pagi hingga petang hari. Korban berjatuhan banyak dari kedua belah pihak diantaranya sbb 57 Personel Prajurit Gugur, di makamkan TMP Tegal, 16 Personel Prajurit Gugur, di makamkan TMP Pekalongan, 1 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Brebes, 43 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Pemalang, 37 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Batang, 2 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Cilacap, 2 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Cirebon, 10 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Temanggung.

Untuk mengenang jasa para Pahlawan tersebut , Korps Marinir dalam rangkaian ulang tahunnya ke 75 Tahun 2020 mengadakan Ziarah Rombongan di berbagai tempat, kali ini diadakan bertepatan di kota kelahiran Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han). Orang Nomor Satu Di Korps Baret Ungu tersebut Lahir di Kota Batang Jawa Tengah 15 April 1966 silam.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain