oleh

LANAL MELONGUANE BERSAMA PRAMUKA SAKA BAHARI KEMBALI PANEN SAYURAN HIDROPONIK UNTUK KETAHANAN PANGAN PULAU MIANGAS

Sidak Nusantara – Berselang tiga minggu sejak panen perdana, hari ini prajurit Lanal Melonguane bersama-sama Pramuka Saka Bahari kembali panen sayuran hidroponik di Mako Lanal Melonguane. Hasil sayuran yang baru dipanen tersebut pada hari yang sama dikirimkan ke Pulau Miangas dengan kapal KM Sabuk Nusantara 70 (Tol Laut) untuk dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Posal Miangas. Hal tersebut merupakan bagian dari program ketahanan pangan Lanal Melonguane.

Sebelum melaksanakan panen, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Melonguane memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada para anggota Pramuka Saka Bahari tentang bagaimana bertani dengan sistim hidroponik serta manfaatnya untuk ketahanan pangan terutama di pulau-pulau kecil terluar yang tanahnya kurang baik untuk pertanian. Selain diberikan pelatihan dan pembinaan tentang kepramukaan, sebagai binaan dari Lanal Melonguane, anggota Pramuka Saka Bahari sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Berkenaan dengan hal tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane menyatakan bahwa ke depannya akan dilaksanakan peningkatan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat serta akan lebih melibatkan masyarakat terutama para pemuda dan pemudi di wilayah perbatasan paling utara NKRI ini untuk bersama-sama dan bahu membahu mengatasi dan memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. Selain meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, program pembinaan juga diarahkan untuk menumbuhkan kesadaran untuk terus berkarya, berkreasi, berinovasi serta jiwa pengabdian untuk terus berprestasi dan memberikan pengabdian yang terbaik untuk bangsa dan negara adalah hal yang sangat penting dilakukan kepada generasi muda sejak dini. Melibatkan mereka secara langsung dalam berbagai program kegiatan yang positif merupakan bagian dari pembinaan yang dilakukan, pungkasnya.

tni_angkatan_laut

Bagikan :

Komentar

Berita Lain