oleh

PELATIHAN KONSELING PSIKOLOGI TENAGA PEMBIMBING DAN PENGASUH SISWA TNI AL TA. 2020

Sidak Nusantara – Surabaya (13/11/20)- Dinas Psikologi Angkatan Laut melaksanakan Pelatihan Konseling Psikologi Tenaga Pembimbing dan Pengasuh Siswa TNI AL yang berlangsung dari 12 -13 November 2020, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Dispsial. Peserta dari pelatihan ini diikuti oleh prajurit TNI AL strata perwira dari Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) dan Akademi Angkatan Laut (AAL). Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dr. Wiwin D. Handayani, M.Si., Psikolog. Kamis (12/11/20).

Dalam sambutannya Kadispsial menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan atau lebih tepatnya sharing mengenai konseling psikologi, baik teori maupun aplikasinya kepada para pembimbing dan pengasuh siswa yang ada di lingkungan Kodiklatal dan AAL. Dikarenakan seiring dengan perkembangan jaman telah membawa dampak pada keseluruhan aspek kehidupan termasuk tugas perwira dalam melaksanakan pembimbingan dan pengasuhan. Namun ada hal yang tak berubah yaitu para pembimbing dan pengasuh siswa dituntut untuk mampu memahami kondisi fisik dan psikologis para siswa agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.

Sedangkan materi pada pelatihan ini antara lain pengantar tentang konseling, kepribadian konselor, konseling sebaya (peer counseling), mengenal konseli, komunikasi efektif serta pengetahuan tentang remaja. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini antara lain pemberian materi dengan ceramah, diskusi serta role play.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain