oleh

DIES NATALIS FEB UI KE-70

Sidak Nusantara – Kemarin siang saya diundang untuk memberikan kuliah umum “Kebijakan Keuangan dan Pengawasannya dalam Mengatasi Pandemi Covid-19” dalam rangka Dies Natalis ke 70 tahun Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) – Universitas Indonesia -almamater saya.

Pandemi Covid-19 adalah game changer perekonomian dunia. Akibat Covid, Perekonomian dunia merosot. APBN (kebijakan fiskal) menjadi instrumen penolong utama untuk menangani Covid-19 termasuk pengadaan vaksin, melindungi masyarakat dan UMKM yang sangat terpukul dan untuk memulihkan ekonomi.

APBN dalam kondisi kegentingan yang memaksa, merespons secara cepat fleksibel dan lincah atas krisis yang terjadi. Meskipun kondisi darurat- tidak berarti kebijakan keuangan tidak dirancang hati-hati (prudent) dan teliti. Pengawasan dan kerjasama dengan instansi seperti BPKP, LKPP, aparat penegak hukum (Kejaksaaan, Kepolisian, KPK) dan eksternal auditor (BPK) dilakukan untuk mencegah penyelewengan dan penyalahgunaan dan korupsi terhadap uang negara.

Pemerintah juga menyampaikan informasi ke publik secara transparan program-program pemulihan ekonomi dan berapa anggaran dialokasikan. Ini bentuk tata kelola yang baik, transparansi dan akuntabilitas dan bebas konflik kepentingan dan harus dijaga dari korupsi. Karena APBN adalah uang rakyat bersama.

Selamat Dies Natalis ke 70 FEB UI. Bersama, Berinovasi dan Bermanfaat.

Jakarta 19/11/2020.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain