oleh

KETERSEDIAAN VAKSIN MENJADI KEBUTUHAN MENDESAK SAAT INI

Sidak Nusantara – Ketersediaan vaksin menjadi kebutuhan mendesak saat ini untuk mengatasi pandemi covid-19. Hal ini saya tegaskan dalam kunjungan kerja ke Puskesmas Cikarang, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, dalam rangka simulasi serta memastikan standar operasional dan prosedur vaksinasi berjalan dengan baik dan benar.

Vaksin sudah ada, tetapi masih dalam proses uji klinis dan menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pastinya vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi covid-19 di Indonesia merupakan vaksin yang terdaftar dan disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Vaksinnya itu aman, punya kasiat, efektif, dan dapat dipertanggungjawabkan. Sertifikasi kebolehan dipakainya juga kita harapkan segera keluar dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Saat ini sudah ada pemeriksaan awal. Jadi tinggal menunggu hasilnya. MUI sebagai lembaga otoritas akan memberikan fatwa terkait masalah itu sebelum vaksin diedarkan.

Sementara proses penyuntikan vaksin kepada seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah 260 juta jiwa akan dilakukan secara bertahap. Para tenaga kesehatan, TNI-Polri, ASN yang melayani kepentingan publik dan guru akan mendapatkan prioritas. Semoga semua bisa berjalan sesuai rencana dan diberikan kemudahan dari Allah SWT.

kyai_marufamin

Bagikan :

Komentar

Berita Lain