oleh

MERAPI TAK PERNAH INGKAR JANJI

-Nasional-147 views

Sidak Nusantara – Merapi tak pernah ingkar janji, ungkapan itu ternyata plesetan dari film era 80-an yang berjudul “Merpati Tak Pernah Ingkar Janji” dan dibintangi Adi Bing Slamet dan Paramitha Rusady. Tahu ya kan? Kalau tahu, berarti kalian sudah berumur.

Ungkapan tadi merupakan penggambaran kondisi Gunung Merapi yang terus bergejolak dari waktu ke waktu. Letusan besar terakhir pada 26 Oktober 2010, memakan banyak korban termasuk Mbah Maridjan sang juru kunci.

Gunung Merapi beberapa hari ini sudah berstatus “siaga” level III, status ini mengartikan adanya peningkatan seismik yang didukung dengan pemantauan vulkanik lainnya, serta terlihat jelas perubahan baik secara visual maupun perubahan aktivitas kawah.

Jika peningkatan aktivitas gunung api terus berlanjut, kemungkinan erupsi besar akan terjadi dan level dinaikkan menjadi “awas” level IV, status awas adalah kondisi paling memungkinkan terjadinya erupsi.

Diharapkan seluruh masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Merapi dapat mematuhi himbauan pemerintah ya, supaya terhindar dari adanya korban jiwa. Jalur pendakian pun masih ditutup, baik dari #Selo maupun #Sapuangin.

Semoga tetap Aman ya Sobat Hijau. Salam Lestari.

kementerianlhk

Bagikan :

Komentar

Berita Lain