oleh

BAMSOET INGATKAN PELAJAR DI LUAR NEGERI PERLU TERAPKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN

-Nasional-152 views
Sidak Nusantara – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bangga bisa hadir di hadapan keluarga besar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Hsinchu, Taiwan. Dirinya yakin, pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan tinggi dimanapun, baik di dalam maupun di luar negeri, merupakan bagian dari generasi terpilih yang akan meneruskan estafet kepemimpinan Indonesia di masa depan.

“Belajar di luar negeri menghadirkan berbagai tantangan, mulai dari kendala bahasa, beradaptasi dengan lingkungan sekitar baik dengan masyarakat lokal maupun dengan komunitas akademis, serta culture shock atau biasa disebut gegar budaya/kejutan budaya,” ujar Bamsoet dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Bersama PPI di Hsinchu, Taiwan, secara virtual dari Jakarta, Sabtu (28/11/20).

Turut hadir antara lain Pimpinan Badan Pengkajian MPR RI Agun Gunanjar Sudarsa, Koordinator PPI Hsinchu Angger Baskoro, serta Ketua Divisi Akademik dan Karir PPI Hsinchu, Dawi Karomati Baroroh.

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menjelaskan, gegar budaya tidak hanya dialami saat pelajar Indonesia menapakan kaki di negeri asing. Setelah melewati proses adaptasi dan asimilasi, bahkan merasa ‘nyaman’ dengan kebiasaan dan adat bangsa lain, maka ketika kembali ke tanah air mereka pun akan dihadapkan pada persoalan yang hampir serupa. Semacam gegar budaya di negeri sendiri.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain