oleh

KH.Maaruf Amin MENYAMPAIKAN BAHWA PEMERINTAH TELAH MELAKUKAN BERBAGAI UPAYA UNTUK MENGATASI DAMPAK PANDEMI COVID-19

-Nasional-146 views

Sidak Nusantara – Dalam acara Anugerah Obsession Award 2020 saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak pandemi covid-19. Pemerintah fokus mengatur dan menjaga titik keseimbangan antara penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi.

Karena itu penanganannya dikelola dalam satu tim koordinasi terpadu, yaitu Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN). Tugas pokoknya agar wabah segera teratasi dan perekonomian Indonesia tidak terpuruk terlalu dalam. Bahkan diharapkan dapat segera bangkit.

Pemerintah telah berusaha membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ini sejalan dengan tujuan utama program PEN yaitu melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan masyarakat serta pelaku usaha. Termasuk khususnya UMKM yang secara kuantitas merupakan mayoritas, yakni sekitar 99% dari jumlah unit usaha, menyumbang 57% kepada Produk Domestik Bruto dan menyerap sekitar 97% dari total tenaga kerja Indonesia.

Untuk mempertahankan keberlangsungan UMKM di masa pandemi ini, pemerintah antara lain memberikan insentif pajak melalui pembebasan tarif pajak penghasilan (PPh), relaksasi dan restrukturisasi kredit, dan pemberian subsidi bunga kredit bagi UMKM.

Saya berharap para pengusaha, tokoh profesional, dan perusahaan yang telah menerima Obsession Awards 2020 dapat menyumbangkan inisiatif dan kepiawaiannya dalam membantu upaya pemerintah mengatasi wabah covid-19 serta dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan. Solidaritas dan semangat gotong royong menjadi kuncinya. Kita semua harus terus memberikan yang terbaik bagi kemajuan Indonesia.

kyai_marufamin

Bagikan :

Komentar

Berita Lain