oleh

PEMKOT BEKASI RAIH PENGHARGAAN BADAN PUBLIK INFORMATIF KATEGORI KABUPATEN/KOTA SE-JAWA BARAT

Sidak Nusantara – Di penghujung tahun 2020, Pemerintah Kota Bekasi meraih penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2020 Tingkat Jawa Barat kategori Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kota bekasi termasuk tiga badan publik informatif bersama Pemkab Bandung dan Pemkot Bandung dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Kriteria penghargaan yang diberikan yakni badan publik informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif, dan tidak informatif.

Gubernur Jawa Barat bersama Komisi Informasi Jawa Barat memberikan Anugrah Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Barat tahun 2020 berlangsung di pelataran Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat, Bandung, Kamis, (3/12/2020).

Wakil Wali Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto menerima penghargaan tersebut dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia didampingi Kabag Humas Sajekti Rubiyah dan jajaran.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan di tingkat Kabupaten Kota dan lembaga publik lainnya di Jawa Barat, keterbukaan informasi masih harus ditingkatkan. Selain itu, ia barharap agar masyarakat juga harus terus diedukasi, karena tidak semua informasi itu boleh atau bisa dibuka ke publik.

“Masyarakat harus diedukasi informasi mana yang boleh dibuka mana yang tidak, lalu bagaimana prosedur atau tata cara meminta informasi,” ungkap Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Jabar, Ijang Faisal menyampaikan catatan tentang kondisi keterbukaan informasi publik di Jabar berdasarkan penilaian hasil kunjungan KI lembaga publik.

“Ada beberapa catatan di antaranya sebagian besar badan publik belum optimal dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi, masih ada PPID yang belum memahami secara benar soal keterbukaan informasi, dan masyarakat banyak yang belum tahu prosedur mendapatkan informasi” jelasnya.

Oleh karena itu Ijang merekomendasikan beberapa hal untuk peningkatan keterbukaan informasi publik, di antaranya adalah koordinasi antar lembaga, dan konektivitas data dan informasi antar lembaga.

humaskotabekasi

Bagikan :

Komentar

Berita Lain