oleh

PANJA KERJA SAMA KAWASAN PASIFIK BADAN KERJA SAMA ANTAR PARLEMEN (BKSAP) DPR RI

-Nasional-114 views

Sidak Nusantara – Panja Kerja Sama Kawasan Pasifik Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Peran Strategis Diplomasi Parlemen Dalam Memperkuat Kemitraan Indonesia – Pasifik Pasca Pandemi Covid – 19, di Banten, Selasa, 8 Desember 2020.

Empat pembicara dihadirkan secara daring yaitu Abdul Kadir Jailani (Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu), Tantowi Yahya (Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa & Kerajaan Tonga), Laksamana Madya TNI Amarulla Oktavian (Rektor Universitas Pertahanan), dan Gabriel Lele (Dosen Manajemen dan Kebijakan Publik Departemen Politik Pemerintahan FISIP UGM dan Sekretaris Gugus Tugas Papua UGM). Sementara satu narasumber Michael Manufandu (Duta Besar RI untuk Kolombia ke-6 dan Walikota Jayapura ke-2) ikut hadir secara luring. Sementara Putu Supadma Rudana, Wakil Ketua BKSAP, ditunjuk sebagai moderator.

Dalam sambutannya, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menekankan Parlemen berkomitmen kuat untuk memperkuat diplomasi dalam kemitraan strategis Indonesia – Pasifik pascapandemi Covid-19, melalui dialog antara Indonesia dengan negara-negara kepulauan Pasifik.

DPR RI juga mendukung penuh segala upaya Pemerintah dalam meredefiniskan Pasifik (Outlook Pacific) dengan menekankan kerja sama untuk kepentingan bersama di bidang maritim, konektivitas regional, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

dpr_ri

Bagikan :

Komentar

Berita Lain