oleh

MUSANG LUAK (Paradoxurus hermaphroditus)

-Nasional-227 views

Sidak Nusantara – Bertubuh sedang, memiliki sisi tubuh abu-abu kecoklatan, dengan variasi dari warna tengguli (cokelat merah tua) sampai kehijauan. Wajah , kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga bawah telinga berwarna keputih-putihan seperti beruban.

Sobat manis ini pun diketahui termasuk satwa omnivora yang menyukai buah buahan, namun terkadang dia makan makhluk hidup lainnya seperti tikus, burung, serangga dan hewat hewan kecil lainnya.

Musang luwak berkembang biak 2x dalam setahun dan dapat memiliki 1 hingga 4 ekor anak dalam 1 kali melahirkan. Musang luwak pun termasuk satwa yang terkadang dapat dijumpai di daerah tinggal manusia, kalian pernah lihat juga kan?

Satwa manis ini termasuk satwa arboreal, yang menghabiskan hidupnya di pohon. Selain itu juga dikenal sebagai satwa nokturnal, yaitu aktif di malam hari. Namun pada siang hari musang luak tidur di lubang-lubang kayu, atau jika diperkotaan tidur di ruang ruang gelap dibawah atap.

Gimana sudah kenal kan Sobat Hijau? Kira-kira kalau kopi luwak yang mendunia itu, dari musang luwak ini juga bukan ya sob? Boleh diceritakan buat Sobat yang tahu tentang satwa manis ini ya.

 

Bagikan :

Komentar

Berita Lain