oleh

BAMSOET DORONG INDONESIA JADI PEMAIN UTAMA PENGEMBANGAN INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR LISTRIK BERBASIS BATERAI

Sidak Nusantara – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan Indonesia harus menjadi pemain utama dalam pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBL-BB) yang kini jadi tren dunia. Sebab Indonesia punya cadangan bijih nikel terbesar di dunia yang jadi bahan baku utama komponen baterai di kendaraan bermotor listrik.

Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral 2019, dengan status hingga Desember 2018, cadangan bijih nikel di Indonesia mencapai 3,57 miliar ton. Rinciannya 2,87 miliar ton cadangan tak terkira dan 968 juta ton cadangan terbukti. Sementara sumber daya nikel mencapai 9,31 miliar ton. Rinciannya 2,03 miliar ton terukur, 2,68 miliar ton tertunjuk, 4,29 miliar ton tereka, dan 294,9 juta ton hipotetik.

“Tak heran jika Hyundai memindahkan operasionalnya dari Malaysia ke Indonesia. Selain karena market Indonesia yang besar, juga karena mereka ingin mengembangkan kendaraan listrik di sini. Bahkan produsen otomotif listrik asal Amerika Serikat, Tesla, juga serius mendekati Indonesia,” kata Bamsoet di Jakarta, Kamis (12/1/2021).

Pernyataan ini disampaikan dalam Ngobras (Ngobrol Santai) dengan pakar marketing, Hermawan Kertajaya. Menurutnya Januari ini juga dikabarkan mereka akan berkunjung ke Tanah Air untuk bertemu Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan dan tim pemerintah lainnya.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain