oleh

RESPON ISU AKTUAL KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO SENIN 18 JANUARI 2021

-Nasional-105 views
Sidak Nusantara – Beredarnya sejumlah video penjarahan/perampasan bantuan korban gempa di Sulawesi Barat yang diduga dilakukan oleh pengungsi korban gempa, respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah daerah setempat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Sosial Daerah segera melakukan koordinasi dalam menangani bantuan sosial, baik bantuan dari pemerintah maupum bantuan pihak swasta dan perorangan, serta meminta aparat Kepolisian dan TNI untuk membantu mengawal pendistribusian bantuan tersebut, agar tidak terjadi lagi penjarahan dan bantuan dapat tepat sasaran bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

B. Meminta pemerintah daerah bersama BPBD segera memetakan titik-titik mana yang strategis untuk dijadikan posko bantuan sosial untuk korban gempa, disamping meningkatkan koordinasi dengan aparat TNI-Polri dalam mengawal proses distribusi bantuan bagi korban gempa di Sulbar, sehingga proses distribusi dapat terlaksana secara merata dan aman.

C. Meminta BPBD bersama tokoh masyarakat setempat atau tokoh agama untuk mengimbau masyarakat untuk tertib dan bersabar serta tidak melakukan penjarahan terhadap distribusi logistik bantuan sosial, karena semua akan mendapat bantuan secara merata bagi masyarakat korban yang terdampak gempa.

D. Meminta Pemerintah menunjuk Kementerian Sosial dan BPBD sebagai koordinator penerima bantuan baik dipusat dan daerah, termasuk semua pihak yang hendak memberi ataupun menggalang bantuan bagi korban gempa, agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kemensos atau BPBD. Hal itu dilakukan untuk mencegah tindak korupsi ataupun penjarahan.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain