oleh

KETUA MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) MENGUNGKAPKAN JALAN TERANG MENGHADRIKAN POKOK-POKOK HALUAN NEGARA (PPHN)

Sidak Nusantara – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan jalan terang menghadirkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) yang menjadi amanat dan rekomendasi MPR RI 2014-2019 sudah mulai terlihat. Di tahun 2021 ini, MPR akan mulai menyusun rancangan PPHN berikut naskah akademiknya dengan melibatkan kementerian/lembaga negara hingga pakar/akademisi dari berbagai disiplin ilmu.

“Bersamaan dengan itu, Pimpinan MPR bersama Pimpinan Badan Pengkajian akan melakukan komunikasi politik dengan pemerintah, Pimpinan Lembaga Negara, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Ormas, Forum Rektor, dan sebagainya. Melalui berbagai kegiatan seperti road show dan focus group discussion,” ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Hal ini diungkapkannya usai memimpin Rapat Pimpinan MPR RI bersama Pimpinan Badan Pengkajian MPR RI dan Pimpinan Komisi Kajian Ketatanegaraan, di Ruang Rapat Pimpinan MPR RI, Jakarta, Senin (18/1/).

Ketua DPR RI ke-20 ini menegaskan adanya PPHN tidak menghilangkan SPPN (Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional), RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang), dan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah). Justru PPHN akan menjadi payung ideologi dan konstitusional dalam penyusunan SPPN, RPJP, dan RPJM yang lebih bersifat teknokratis.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain