oleh

MEMBUTUHKAN KERJA SAMA DAN RASA SOLIDARITAS YANG TINGGI MASYARAKAT UNTUK BERPARTISIPASI DALAM UPAYA TRANFUSI PLASMA KONVALESAN

-Nasional-105 views

Sidak Nusantara – Membutuhkan kerja sama dan rasa solidaritas yang tinggi masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya transfusi plasma konvalesen. Salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien covid-19 bergejala berat dan kritis.

Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien covid-19. Saya sampaikan hal ini pada Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen melalui konferensi video.

Terapi ini sudah dilakukan di Tiongkok, Argentina dan Amerika Serikat. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pada Agustus 2020 juga sudah mengizinkan penggunaan plasma konvalesen sebagai salah satu terapi bagi penderita covid-19.

Hasil penelitian maupun praktik penggunaan plasma konvalesen di Indonesia, seperti yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kementerian Kesehatan, serta beberapa Rumah Sakit utama di Jakarta, Yogyakarta dan Malang juga menunjukkan efikasi yang tinggi, yaitu antara 60% – 90%.

Perlu strategi yang tepat dalam pelaksanaan donor plasma konvalesen melalui dukungan sistem data yang terintegrasi antara Rumah Sakit dan PMI untuk mengetahui data penyintas covid-19 atau potensi calon donor, serta penambahan peralatan/mesin apheresis untuk pengolahan darah di Unit Donor Darah (UDD) yang menerima pelayanan donor plasma konvalesen.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain