oleh

BAMSOET : IMI AKAN BERIKAN PELATIHAN SAFETY AND DEFENSIVE DRIVING UNTUK PENGAMANAN VVIP

-Nasional-334 views

Sidak Nusantara – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) menekankan sebagai sebuah organisasi, IMI tidak hanya memiliki program memajukan industri dan olahraga otomotif saja. Melainkan juga memberikan pelatihan safety and defensive driving kepada berbagai institusi, seperti Polri, TNI, BIN, BNPT, BNN, KPK hingga Paspampres, yang melakukan pengawalan VIP hingga VVIP.

“IMI memiliki program kerja training of trainer (ToT) kepada personil Polri, BIN dan TNI yang terlibat dalam pengawalan VIP hingga VVIP. Sehingga skill mereka dalam safety and defensive driving selalu meningkat. Mengingat teknologi kendaraan, baik dalam roda empat maupun roda dua, setiap waktu selalu ada pembaharuan. Dari mulai teknik clutching (penggunaan kopling), weight-shifting (penggunaan berat kendaraan) hingga braking (penggunaan rem),” ujar Bamsoet usai menerima tokoh balap nasional sekaligus pengelola Sirkuit Sentul dan pengurus IMI Pusat 2021-2024, Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Selasa (26/1/21).

Ketua Umum IMI dan DPR RI ke-20 ini menjelaskan, para pembalap motor dan mobil kebanggaan Indonesia, seperti Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto dan para pembalap senior lainnya yang telah memiliki lisensi internasional, akan menjadi pelatih dalam ToT tersebut. Sehingga para pengawal VIP dan VVIP bisa mengambil langsung ilmu dari pembalap kebanggaan Indonesia, yang sudah terbukti memiliki kemampuan lebih dalam mengemudikan kendaraan. Dari mulai bermanuver, mengintai, escape, hingga menghindari kecelakaan di tengah situasi jalan yang sedang tak terkendali.

“Pada prinsipnya, safety driving menekankan keterampilan berkendara berdasarkan standar keselamatan. Sementara defensive driving menekankan pendekatan intelektual tentang bagaimana cara mengemudi dengan aman, benar, efektif, efisien, dan bertanggungjawab serta mampu keluar dari situasi sulit saat menghadapi sergapan,” jelas Bamsoet.

 

Bagikan :

Komentar

Berita Lain