oleh

PENETAPAN CO-CHAIR COALITION OF FINANCE MINISTERS FOR CLIMATE ACTION

-Nasional-115 views

Sidak Nusantara – Isu perubahan iklim sangat penting dan selalu menjadi perhatian Indonesia. Perhatian ini ditunjukkan melalui berbagai upaya dan kebijakan Pemerintah, seperti budget tagging anggaran terkait perubahan iklim, pembentukan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), pembentukan Pooling Fund Bencana (PFB) sebagai bagian dari Strategi Pendanaan dan Asuransi Risiko Bencana atau Disaster Risk Financing and Insurance (DRFI), dan aktivasi instrumen pembiayaan inovatif seperti Green Sukuk.

Saya bersyukur upaya-upaya tersebut membuahkan hasil yang sangat baik bagi Indonesia. Saya berterima kasih atas kepercayaan para rekan Menteri Keuangan di dunia yang telah memilih saya sebagai Co-Chair pada Coalition of Finance Ministers for Climate Action periode 2021 – 2023. Koalisi ini diinisiasi pada Sidang Tahunan IMF-World Bank Oktober 2018 lalu di Bali dan secara resmi diluncurkan saat IMF-World Bank Spring Meeting pada bulan April 2019.

Dalam menjalankan tugas ini, saya akan bekerja berdampingan dengan Menteri Keuangan Finlandia selaku perwakilan negara maju. Amanah ini akan saya jalankan sebaik mungkin untuk makin meningkatkan peran Indonesia dalam upaya pengendalian masalah perubahan iklim.

Posisi Co-Chair juga akan memberikan peluang kontribusi Indonesia untuk memajukan dan meningkatkan peran strategis koalisi serta bersinergi dengan forum internasional lainnya seperti G20 dan ASEAN. Hal ini penting mengingat Indonesia akan dipercaya memegang peran besar Presidensi G20 tahun 2022 dan Chairmanship ASEAN tahun 2023. Dalam berbagai posisi di panggung global ini, peran Indonesia juga sangat strategis untuk menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang.

Saya dan seluruh jajaran Kementerian Keuangan akan terus bekerja keras untuk Indonesia.

Bagikan :

Komentar

Berita Lain