oleh

TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN JALAN NASIONAL TANPA BEBANI APBN

Sidak Nusantara – Preservasi jalan seringkali membutuhkan biaya yang besar lho. Untuk menyiasatinya, dan agar tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Kementerian PUPR mendorong inovasi pembiayaan infrastruktur melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) lho.

Skema KPBU ini lebih menarik bagi swasta karena ada kepastian pengembalian investasi dan availability payment (ketersediaan layanan).

Sementara bagi pemerintah, skema ini memberikan keuntungan karena banyak yang mengawasi, sehingga tercipta tertib administrasi dan tertib teknis untuk melayani masyarakat dengan lebih baik.

Skema KPBU antara lain akan diterapkan untuk meningkatkan kualitas layanan di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatra Selatan yang mencakup preservasi jalan nasional sepanjang 29,87 km dan 14 jembatan, serta di Jalintim Riau sepanjang 43 km dan rehabilitasi jembatan sepanjang 60 meter. Selain itu, skema KPBU juga digunakan dalam penggantian 38 jembatan Callender Hamilton di Pulau Jawa dan pembangunan Jalan Jayapura-Wamena sekitar 50 km di Provinsi Papua.

Bagikan :

Berita Lain