oleh

WABUP AGAM : KEMASANN PENGARUHI NILAI JUAL PRODUK UMKM

Sidak Nusantara – Pelaku UMKM pamerkan berbagai produk dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi UMKM Kabupaten Agam, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Senin (22/3).

Pantauan AMC, produk yang dipamerkan itu seperti sulaman, berbagai jenis makanan, miniatur, dan lainnya.

Usai membuka pelatihan, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri meninjau langsung produk UMKM yang ditampilkan di hadapan puluhan peserta pelatihan tersebut.

“Sebetulnya kualitas produk UMKM kita sudah bagus, hanya tinggal lagi bagaimana kemasan atau packingannya agar terlihat lebih menarik,” ujarnya.

Menurutnya, jika kemasannya menarik, tentu akan membuat orang penasaran akan produk yang dijual, sehingga akan timbul rasa ingin membeli bagi masyarakat.

“Mungkin beberapa produk UMKM kita memang harus meningkatkan kualitas, tapi secara umum persoalannya itu adalah packingannya,” sebut Irwan Fikri.

Dengan begitu, pihaknya akan coba mendorong peningkatan kualitas packingan produk UMKM, supaya memiliki nilai jual yang lebih besar, sehingga berikan nilai lebih juga kepada pelaku UMKM itu sendiri.

“Hal ini karena packingan sangat mempengaruhi nilai jual produk. Kita akan coba fasilitasi, kalau ada anggarannya kita alokasikan dengan APBD, sebab pemerintah daerah sampai pusat selama ini cukup banyak berikan bantuan untuk UMKM,” katanya.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah, provinsi maupun pusat punya semangat yang sama, bagaimana UMKM dapat berkembang supaya kesejahteraan masyarakat dari sektor UMKM bisa meningkat.

(Dika)

Bagikan :

Berita Lain