oleh

WALI KOTA BEKASI: MASYARAKAT AGAR DUKUNG UPAYA PEMKOT BEKASI DALAM TANGANI COVID-19

Sidak Nusantara – Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi berharap semua elemen masyarakat di Kota Bekasi mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bekasi dalam memerangi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M.

Peningkatan angka kasus Covid-19 di Kota Bekasi saat ini masih terjadi, hal ini disebabkan karena keberadaan Kota Bekasi di tengah wilayah epicentrum Covid-19 antara lain DKI, Kab Bekasi, Kota Depok dan Kab Bogor serta aktifitas masyarakat yang tinggi. Walau tinggi secara indikator, Kota Bekasi dalam penanganan mampu mengendalikan kasus Covid-19. Hal ini terlihat dengan angka kesembuhan yang tinggi dan angka kematian yang terus menurun. Angka kesembuhan dari 5 kecamatan dengan angka tertinggi pada tanggal 30 Januari terlihat mengalami peningkatan pada tanggal 20 Februari berkisar 92% sampai 96%, untuk kasus aktif mengalami penurunan 2% sampai 6% sedangkan kematian juga turun diangka 1,05% sampai 1,79%.

Data pemanfaatan tempat tidur (BOR) rumah sakit rujukan saat ini di atas 56.4% Hal ini disampaikan Wali Kota Bekasi bahwa persentase tersebut masih terbilang normal karena dilihat standar badan kesehatan dunia atau WHO, BOR dalam masa pandemi sebesar 60% dengan nilai normal BOR 60% sampai dengan 80% dengan total sebanyak 1938 tempat tidur di RS rujukan. Seiring upaya penegakan protokol kesehatan yang terus digencarkan, Pemkot Bekasi terus menambah fasilitas kesehatan yang ada untuk menangani pasien Covid-19. Baru-baru ini Pemkot Bekasi meresmikan RSUD Kelas D Bekasi Utara digunakan untuk tempat isolasi dan perawatan pasien Covid-19 dengan dilengkapi 100 tempat tidur dan sarana kesehatan lainnya.

Peran & kerjasama semua pihak baik di bidang kesehatan, aparatur di wilayah, dan 3 pilar, dalam  proses pengendalian Covid-19 membuat Kota Bekasi mendapat penilaian yang cukup baik untuk kategori  3T di level Jawa Barat. Operasi Yustisi yang dilakukan bersama untur 3 Pilar juga berpengaruh pada ketaatan warga. Pemerintah Kota Bekasi juga terus melakukan vaksinasi Covid-19 dalam rangka penanggulangan Covid -19 dan menjaga kesehatan masyarakat Kota Bekasi. Vaksinasi kini masuk tahap kedua dengan kelompok sasaran petugas pelayanan publik, guru/dosen, dan lansia.

 

Bagikan :

Berita Lain