oleh

LOMBA PASAMBAHAN ADAT SETINGKAT SMP RESMI DI BUKA OLEH BUPATI AGAM

-Agam-43 views

Sidak Nusantara – Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, membuka resmi Lomba Pasambahan Adat tingkat SMP se-Kabupaten Agam, Senin (29/3) di Balairung Agam.

 

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu menghadirkan pegiat adat istiadat asal Kecamatan Tanjung Raya, Yus, Dt. Parpatiah.

 

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra dan beberapa unsur Forkopimda Plus.

 

Bupati Agam menyambut baik terselenggaranya kegiatan lomba pasambahan adat tingkat SMP itu. Karena, di era globalisasi ini masalah adat pasambahan nyaris hilang bagi kaum generasi muda.

 

“Kita patut prihatin dengan kondisi ini. Karena generasi sekarang dan akan datang nyaris tidak tahu adanya warisan nenek moyang tersebut,” ujar bupati.

Dijelaskan bupati, program generasi muda pandai falsafah ABS-SBK, menjadi salah satu program penting yang terkandung di dalam visi misi-nya bersama Wabup Irwan Fikri.

 

Secepatnya, melalui Dinas Pendikan dan Kebudayaan, pihaknya akan memasukkan budaya atau adat istiadat ABS-SBK ke dalam ekstra kurikulum sekolah bersama dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.

 

Bupati juga mengupayakan generasi muda Agam bisa tahfiz Al-qur’an sesuai dengan jejak peninggalan ulama-ulama besar dan tokoh pemikir Sumatera Barat yang mayoritas dari Kabupaten Agam. Seperti Buya Hamka, Agus Salim dan tokoh lainnya.

 

“Kepada LKAAM, ninik mamak diminta terus melahirkan ide-ide atau pemikiran dalam khasanah adat Minangkabau yang memicu anak kemenakan lebih menghargai adat dan budayanya dibanding budaya luar,” harap bupati. (Dika)

Bagikan :

Berita Lain