oleh

BEREDAR NAMA CALON MENTERI INVESTASI BAHLIL, AHOK, DAN LUTFI

Sidak Nusantara – Sejak lama, Jokowi memang berkeinginan untuk membentuk kementerian yang fokus mengurusi investasi.

Keberadaan Kementerian Investasi sendiri belum diketahui secara pasti, apakah akan menggantikan fungsi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang selama ini mengurusi persoalan investasi.

Lalu, siapa yang akan menjadi ‘nahkoda’nya?

1. Bahlil Lahadalia: Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin meyakini posisi Bahlil Lahaladia sebagai penyelenggara negara tetap aman dalam kabinet. Menurutnya, kinerja eks Ketua Umum HIPMI itu cukup efektif dalam satu tahun terakhir.

2. Muhammad Lutfi: Pakar komunikasi politik yang juga pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio justru mengatakan Bahlil tidak pantas menduduki posisi tersebut. Menurutnya tidak tertutup kemungkinan Muhammad Lutfi yang menjadi Menteri Investasi. Ia digeser dari Kementerian Perdagangan lantaran kontroversi beras impor.

3. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok): Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab yang di beberapa media mengatakan sosok Ahok cocok jadi Menteri Investasi.

Namun, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyebut tidak mungkin Jokowi memilih Ahok jadi menteri. Karena ada potensi melanggar UU.

jakarta_trend

Bagikan :

Berita Lain