oleh

X DPR RI Ferdiansyah MELAKUKAN PENINJAUAN KE DESA RAMMANG-RAMMANG DAN TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG

Sidak Nusantara – Tim Panja Desa Wisata dan Kampung Tematik Komisi X DPR RI yang dipimpin Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah melakukan peninjauan ke Desa Rammang-Rammang dan Taman Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat, 17 September 2021.

Sebagaimana yang dipaparkan oleh Menko Perekonomian bahwa sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, adalah sektor yang paling terdampak Covid-19. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berpotensi sebagai loser dalam menghadapi pandemi.

Menurut trend saat ini, kecenderungan wisatawan saat ini mengalami perubahan, yaitu dari wisata massal (mass tourism) ke arah wisata alternatif (alternative tourism). Perubahan ini mengarah pada jenis kegiatan wisata yang berorientasi pada wisata alam dan budaya lokal dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan, petualangan dan belajar, seperti wisata petualangan (adventure tourism), dan juga wisata yang menawarkan pengalaman langsung kepada wisatawan seperti perdesaan (village tourism) dan sebagainya.

Dengan adanya kunjungan ke Desa Wisata Rammang-Rammang untuk melihat kesiapan dan persiapan Desa Wisata Rammang-Rammang menjasi salah satu destinasi Desa Wisata dan Kampung Tematik di daerah tersebut, yang dapat berjalan secara utuh.

Mengingat, jika ingin menjadi Desa Wisata dan Kampung Tematik didalamnya harus memiliki penyediaan yang didukung oleh Kampung Tematik tersebut, dimana didalammya harus memiliki 3 akses, yaitu Akses, Amunitas dan Atraksi.

Oleh Karenanya, Komisi X DPR RI berharap Desa Wisata Rammang-Rammang mampu dan siap mewujudkam ketiga hal tersebut, tentu dengan dukungan Pemda, Pemprov juga Pemerintah Pusat, yang nantinya di support oleh Komisi X DPR RI. 

Bagikan :

Berita Lain